Cara mengganti mesin pompa asi Spectra 9+

Sebelum menjelaskan gimana dan kenapa kok mesin nya diganti, saya mau ceritakan dulu kronologisnya. Jadi setelah 3 bulan menggunakannya,  pompa asi Spectra 9+ milik saya tidak pernah bermasalah kecuali kerusakan pada katup/valve silicon yang robek sehinga tidak bisa menyedot dengan baik.

Sebulan setelah penggantian valve tersebut, pompanya menjadi terasa tidak terlalu menyedot lagi sehingga volume asi yang keluar jadi jauh lebih sedikit dari biasanya. Awalnya saya kira valve silicon nya rusak lagi, setelah diganti yang baru ternyata sama aja.

 MASIH GARANSI

Pompa ini sebenarnya masih garansi, tapi menurut kerabat yang pernah claim garansi tetap dikenakan biaya untuk penggantian mesin seharga kurang lebih 500rb rupiah, saya juga tidak tau pasti part apa yang diganti tapi setelah dipikir-pikir claim garansi sudah keluar uang banyak, perlu waktu untuk menunggu diservis. Sedangkan saya perlu menggunakannya setiap hari. Akhirnya saya putuskan untuk membeli pompa asi Merk Mutter yang harganya jauh lebih murah meskipun tidak sebagus Spectra (akan saya review di blog lainnya).

CARI SPAREPART POMPA ASI DI SHOPEE

Karena sudah punya pompa asi yang bisa digunakan, saya beranikan diri untuk membongkar pompa spectra yang rusak tersebut. Di bagian dalam mesin terdapat dinamo pompa yang saya asumsikan penyebab kerusakannya. Kebetulan pada dinamo pompa terdapat tulisan nama-kode barang dan tegangan. Langsung deh saya cari di shopee.  Kode produk yang dijual di shopee memang tidak mirip dengan milik spectra, tapi secara dimensi dan bentuk 100% sama. Langsung deh saya beli dan harganya murah banget (80rb an dapat 2 pcs) Link untuk membeli dinamo pompa asi spectra akan saya letakan di halaman paling bawah ya.

PROSES PENGGANTIAN DINAMO POMPA ASI SPECTRA

Setelah barangnya sampai, langsung deh saya ganti. Mudah banget kok cara gantinya, gak perlu keahlian khusus. Alat yang dibutuhkan cuma obeng+ dan solder kalau ada.

Pertama-tama buka 1 baut pada bagian bawah casing.

 

Logo kayu klinik sociamedic

Setelah itu  tarik angkat buka dan lepas casing bagian bawah.

Logo kayu klinik sociamedic

Next lepas penutup dinamo dengan cara membuka sekrup-sekrup yang diberi tanda panah ini.

Logo kayu klinik sociamedic

Setelah itu buka casing penutup dinamo lalu lepaskan dinamo dari selang pendek dan lepaskan soket kabel dinamo dari pcb.

Logo kayu klinik sociamedic
Logo kayu klinik sociamedic

Karena di dinamo yang baru tidak terdapat kabel, maka kabel dari pompa asli saya potong dan pasangkan ke dinamo baru. Pada bagian bawah dinamo terdapat tanda titik berwarna merah yang artinya adalah tempat memasang kabel merah.

Saya menggunakan solder untuk memasang kabel. Kalau tidak punya solder bisa melilitkan kabel pada terminal dinamo dan lem menggunakan lem tembak agar tidak mudah terlepas.

Setelah itu saya rakit kembali seluruh part pompa asi dan mencoba menggunakannya. Yup sesuai harapan, sedotan pompa kembali normal dan pompa asi spectra 9+ yang tadinya sudah tidak terpakai sekarang bisa saya gunakan kembali.

Popular product

Winnybs

cleo

d25